Daftar Jurusan Favorit di UGM Paling Diminati

Daftar Jurusan Favorit di UGM Paling Diminati

Jurusan Favorit di UGM – Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di server thailand Indonesia. Berdasarkan data Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings 2022, UGM menempati posisi kampus terbaik kedua di Tanah Air setelah Universitas Indonesia (UI).

Tak heran jika banyak mahasiswa yang tertarik untuk kuliah di kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini. Berbagai program studi (prodi) di UGM menjadi favorit saat menggelar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di UGM tentunya berasal dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia. Sehingga tentunya persaingan untuk diterima dan menjadi mahasiswa di UGM sangatlah ketat. Nah untuk itu, ada baiknya sebelum mendaftar kenali dulu jurusan favorit di UGM dan jalur apa saja yang bisa kamu ikuti.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru di UGM dapat diikuti melalui 3 jalur, yaitu; SNMPTN, SBMPTN dan spaceman Jalur Mandiri. Universitas Gadjah Mada (UGM) juga memiliki beberapa fakultas dan jurusan yang bisa dipilih, baik untuk jurusan IPA maupun IPS.

Apa saja jurusan favorit di UGM yang paling banyak diminati oleh lulusan SMA sederajat? Berikut daftar Jurusan Favorit UGM yang paling banyak diminati.

Jurusan Favorit UGM

1. Kedokteran

Tak heran jika FKM dan Keperawatan masih menjadi fakultas favorit di UGM. Departemen Kedokteran fakultas ini dikunjungi oleh 3.565 pelamar, dengan hanya 62 calon mahasiswa baru yang diterima. Dengan keketatan tersebut, Kedokteran bukanlah jurusan yang mudah untuk masuk di UGM.

Tidak hanya menjadi jurusan favorit di UGM, Kedokteran juga meraih nilai rata-rata UTBK nasional terbaik (642,53). Bukan passing grade yang bisa dilalui dengan persiapan UTBK ala kadarnya.

Untuk menjadi Sarjana Kedokteran, Anda bisa belajar selama 3,5 tahun, kemudian melanjutkan Koas Anda selama 2 tahun untuk mendapatkan gelar dr. (dokter).

2. Farmasi

Farmasi menjadi fakultas favorit runner-up di UGM dalam kategori Sains dan Teknologi. Total daya tampung Departemen Farmasi adalah 240, dengan 84 untuk jalur SBMPTN. Meski bukan jurusan yang jarang diminati di UGM, masuk ke Farmasi masih lebih rendah dari Kedokteran.

Kuliah di jurusan farmasi umumnya akan mempelajari tentang obat-obatan untuk membantu pasien sembuh secara detail sesuai keluhan dan diagnosa. Jadi tugas utama seorang lulusan farmasi adalah memastikan kesesuaian obat yang akan diresepkan untuk pasien.

Baca juga: Daftar SMA Terbaik Se-Sumbar Berdasarkan Nilai UTBK 2022

Selain memantau kesehatan dan kemajuan pasien untuk mendapatkan hasil pengobatan terbaik untuk mencapai kesembuhan. Memberikan pengetahuan tentang komposisi obat, menjaga kemurnian dan kekuatan obat, serta bekerja sama dengan dokter, perawat, dan anggota tim medis lainnya dalam merawat pasien.

3. Hukum

Jurusan berikutnya adalah Ilmu Hukum. Berada di antara Fakultas Filsafat dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, sebelum memperoleh gelar S.Hum. Selama 4 tahun, Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan jurusan yang menjadi konsentrasi.

Ada 11 jurusan yang bisa dipilih, yaitu: Hukum Adat, Hukum Tata Negara, Hukum Agraria, Hukum Dagang, Hukum Internasional, Hukum Islam, Hukum Lingkungan, Hukum Perpajakan, Hukum Perdata, Hukum Pidana, dan Hukum Tata Negara.

Untuk penerimaan mahasiswa baru 2020, UU UGM menyiapkan total kapasitas 330. Kuota SBMPTN juga cukup besar, mencapai 116 kursi. Namun mengingat statusnya sebagai salah satu jurusan favorit di UGM, persiapan SBMPTN juga harus sangat matang.

4. Ilmu Komunikasi

Selain menjadi jurusan favorit di UGM, Ilmu Komunikasi juga menjadi jurusan Sosial dan Humaniora yang paling ketat di UGM. Dari 2.205 pendaftar, hanya 27 calon mahasiswa baru yang lulus SBMPTN dan diterima sebagai mahasiswa baru Ilmu Komunikasi UGM. Padahal, total daya tampung jurusan ini tidak banyak (hanya 75 kursi).

5. Teknik Sipil

Teknik memang menjadi salah satu fakultas favorit di UGM dan dibanjiri peminat. Cukup favorit di kampus manapun, wajar jika jurusan teknik sipil ini hampir tidak pernah menjadi jurusan UGM yang sepi peminat.

Universitas Gadjah Mada menyediakan kuota 150 mahasiswa baru pada tahun akademik 2020/2021. Sobat Pintar, Bisa Tebak Kuota SBMPTN Berapa? Ya, di tahun 50-an, tepatnya 53 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *