SEMIRATA BKS PTN BARAT 2017

BKS-PTN WILAYAH BARAT BIDANG BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, IMPLEMENTASI KAJIAN BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA UNTUK MEMPERKUAT PERADABAN BANGSA, 12—14 September 2017, EMERALD GARDEN INTERNATIONAL HOTEL, MEDAN

FAKULTAS BAHASA DAN SENI, UNIVERSITAS NEGERI MEDAN, 2017
Latar Belakang

Peradaban merupakan fase kebudayaan dalam kehidupan manusia. Peradaban bercirikan kesanggupan menguasai ilmu, pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks) secara sadar. Adanya perbedaan kesanggupan menguasai (dan tentunya mengendalikan) ipteks antarbangsa, menjadikan bangsa-bangsa di dunia ini berada dalam kecenderungan dua kutub oposisi: kaya-miskin, kuat-lemah, maju-berkembang, dan lain-lain. Ketimpangan ini menjadikan bangsa yang satu mendominasi bangsa yang lain, sementara bangsa yang lain menjadi tereliminasi.

Untuk membentuk dan memperkuat peradaban bangsa Indonesia, sudah sepantasnya dilakukan terobosan-terobosan yang mengarah pada pembentukan karakter. Usaha ‘sadar’ pembentukan karakter bangsa ini sudah lama dilakukan. Namun, saat ini hasilnya belum begitu terasa sehingga pemerintah melalui program nawacita kembali menggulirkan dan memasukkan muatan pembelajaran karakter dalam dunia pendidikan.

Muatan pembelajaran karakter yang diharapkan dapat memperkuat peradaban bangsa dapat dirancang dengan cara memanfaatkan hasil-hasil kajian bahasa, sastra, seni, dan budaya. Indonesia yang terkenal dengan laboraturium bahasa dan juga sastra, seni, serta budaya dunia memiliki banyak kekayaan terkait dengan hal itu. Kajian-kajian terhadap bahasa, sastra, seni, dan budaya pun sudah banyak dilakukan, baik oleh para ahli Indonesia sendiri maupun ahli dari negara lain. Akan tetapi, hasil kajian pada bidang-bidang itu masih cenderung terbatas pada dokumentasi saja, belum dimanfaatkan untuk kepentingan praktis. Untuk itu, melalui kegiatan Seminar dan Rapat Tahunan BKS PTN Wilayah Barat Bidang Ilmu Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya tahun 2017 ini dibulatkan tekad dan komitmen untuk mengimplementasikan hasil-hasil kajian dalam bidang bahasa, sastra, seni, dan budaya guna memperkuat peradaban bangsa. Terkait dengan itu, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan akan melaksanakan seminar internasional dengan tema “Implementasi Kajian Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya untuk Memperkuat Peradaban Bangsa” pada tanggal 12 – 14 September 2017.

 

 

 

 

Leave a Comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.